June 12, 2021

Nissan Juke 2020

Review Nissan Juke

Kiprah Nissan Juke di ranah otomotif Indonesia memang sedikit kurang beruntung. Karena desain yang anti mainstream, Juke akhirnya tersisih oleh Honda HR-V dan crossover pendatang baru lainnya. Padahal, Nissan Juke punya karakter yang berani tampil beda. Nissan Juke berhasil menciptakan tren baru kendaraan compact crossover sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2011. Terakhir, Juke hadir pada 2015 sebagai New Nissan Juke dan Juke Revolt. Varian terakhir ini merupakan versi agresif dari Juke untuk pasar Indonesia.

Desainnya masih sama, tapi terdapat beberapa improve fitur seperti New Front Combination Lamp with LED Signature, New Head Lamp with Projector Xenon, New Front Bumper Design, New Rear Combination Lamp with LED Signature, New Side Mirror with LED Turn Signal Lamp, dan New Rear Bumper.

Nissan Juke memulai debutnya pada ajang Geneva Motor Show 2010, dan baru masuk Indonesia setahun kemudian atau tepatnya pada tahun 2011. Mobil dari jenis crossover ini love to hate di kalangan penggemar mobil. Desainnya dianggap aneh meskipun performa dan kenyamanan menuai banyak pujian. Juke juga berhasil menggabungkan antara kemewahan suatu mobil dengan ketangguhan SUV untuk kawasan perkotaan.

Profil Nissan Juke didominasi oleh lengkungan fender berotot dan tubuh tinggi, kontras dengan jendela sampingnya yang ramping dan berukuran sedikit kecil. Desain Juke merupakan interpretasi modern dari gaya bodi mobil yang populer di era an bertajuk ‘coke bottle styling’. Namun, banyak juga orang yang menjuluki Juke mirip kodok karena desain headlamp dan physique gendutnya.

Bicara soal teknologi, Teknologi dual-injection system yang berada di dalam mesin Nissan Juke mampu memberikan sensasi berkendara santai hingga merasakan seperti pembalap. Pengemudi hanya dengan menekan tombol pilihan berkendara yang saat itu masih jarang tersedia.

Segmentasi Pasar Nissan Juke

Nissan Juke menyasar segmen pengusaha muda yang dinamis dan ingin tampil beda dengan lainnya. Nissan Juke juga sangat cocok untuk anak muda karena desainnya yang begitu nyentrik, unik, futuristik, mewah dan sporty. Juke hadir dengan desain eksterior yang lebih segar, yang semakin menegaskan ikon extraordinary sebuah crossover modern. Desainnya yang inovatif dan ikonik menjadi topik perbincangan bagi banyak orang karena keunikannya.

Bagi Nissan Motor Indonesia, Juke ditujukan bagi konsumen berkarakter extraordinary dan mencari sesuatu yang unik dari sebuah kendaraan. Fiturnya lengkap, performa mesinnya oke dan tentunya nyaman digunakan sebagai mobil untuk harian. Kabin Nissan Juke juga cukup proporsional untuk lima penumpang karena desainnya yang gendut tadi.

Eksterior Nissan Juke

Desain Nissan Juke didominasi oleh lengkungan fender berotot dan tubuh tinggi, namun kontras dengan jendela sampingnya yang ramping. Gaya seperti ini merupakan interpretasi trendy dari gaya bodi mobil yang in style di era an bertajuk ‘coke bottle styling’. Juke sedikit terinspirasi dari gaya desain Nissan Maxima, mobil listrik konsep Nissan berbodi kupe yang sempat dipamerkan di Frankfurt Auto Show 2007.

Sulit bila kita menjelaskan gaya desain eksterior Juke. Bodi yang menggelembung bagaikan kodok raksasa yang tengah berjalan di jalan-jalan kota besar. Nissan Juke semakin terlihat tangguh adalah floor clearance yang tinggi sehingga terlihat kokoh. Desain headlamp bulat dengan lampu halogen biasa, namun lampu senja dan lampu sein didesain mirip alis di atas sayap depan.

Pada generasi penutup, Juke mengalami enchancment yang cukup keren. Lampu depan Projector Xenon dengan fitur auto on/off dan auto levelizer berpadu lampu kombinasi depan baru dengan LED signature. Desain grille dan bumper depan baru dengan aksen V Motion khas Nissan.

Sejumlah perubahan yang terdapat pada New Nissan Juke, antara lain:

– New Front Combination Lamp with LED Signature,

– New Head Lamp with Projector Xenon,

– New Front Bumper Design,

– New Side Mirror with LED Turn Signal Lamp,

– New Rear Combination Lamp with LED Signature

– New Rear Bumper

Sementara di bagian belakang, Juke hadir dengan tail lamp LED signature dan high-mounted cease lamp, dipadukan desain bemper belakang lebih berotot. Ini membuat penampilan Juke tetap macho dan kekar, sehingga tidak dianggap culun bila bersanding dengan crossover merk lain.

Pada varian Revolt, Juke tampil beringas dengan desain yang sporty. Bedanya dengan versi standar yaitu terdapat panel physique kit seperti Front under bumper, Lower bumper finisher, Rear under bumper dan aksen sticker merah-hitam di physique. Juke Revolt, membawa karakter yang lebih agresif dan ditargetkan pada kalangan muda yang optimis dan berani tampil beda.

Interior Nissan Juke

Juke menawarkan tempat duduk untuk lima penumpang (dua di depan, tiga di belakang). Konfigurasi kursinya cukup fleksibel, karena ursi belakangnya memiliki rasio 60/forty dan dapat dilipat ke bawah untuk membawa barang yang berukuran besar.

Pasalnya, space belakang bagasinya cukup kecil dan sempit. Pada bagasi ini sebenarnya memiliki fitur penyimpanan tambahan di bawah lantai untuk tipe tertentu. Interiornya memang tidak besar tapi memiliki fitur yang oke pada masanya. Interior Juke hadir dalam dua opsi warna yaitu hitam dan hitam-merah.

Nissan Juke telah dipersenjatai head unit android 7-inch touchscreen dengan berbagai fitur: WiFi ready, MP3, USB, Aux, Bluetooth, voice command, AM/FM radio, DLNA, Internet radio & EZ-Talk untuk hiburan dan informasi. Untuk kemudahan mengakses head unit selama mengemudi, kita bisa memanfaatkan audio steering swap di setir.

Juke juga memiliki fitur Detachable Wide Screen Audio System, yaitu berupa perangkat multimedia dengan layar sentuh. Dengan terkoneksi di dalam kabin, maka pengendara bisa berbagi musik, video, gambar dari smartphone melalui jaringan WiFi.

Pengemudi pun bisa mengakses informasi lengkap soal kondisi mobilnya melalui MID dengan informasi: Average Fuel Consumption, Instant Fuel Consumption, autonomy mileage, clock, driving time, exterior temp. Pengemudi kian dimanjakan dengan I-CON mode untuk pengaturan mode berkendara dan suhu kabin.

Cukup dengan menekan tombol pilihan berkendara pada I-CON, kita bisa mengubah karakter mesin menjadi agresif. Juke saat itu sudah menghadirkan sensasi berkendara santai hingga merasakan seperti pembalap.

Spesifikasi Mesin dan Performa Nissan Juke

Secara keseluruhan, mesin HR15DE 1.500cc generasi terbaru yang dipakai Nissan Juke dapat menghasilkan tenaga 114 PS pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai a hundred and fifty Nm pada putaran mesin four.000 RPM. Untuk pilihan transmisinya hanya didukung dengan transmisi Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission).

Jenis transmisi otomatis ini mampu menghasilkan akselerasi yang bertenaga dengan baik tanpa mengalami gejala hentakan yang begitu keras saat melakukan perpindahan gigi namun tetap irit bahan bakar. Karakter mesin yang dimiliki Juke kini lebih baik terutama pada kecepatan bawah hingga menengah. Dengan mode pilihan berkendara Normal, Eco dan Sport, kita bisa memilih karakter mesin yang sesuai dengan kondisi berkendara kita.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Nissan Juke

Nissan Juke untuk sistem keselamatan dan keamanannya pun tergolong lengkap. Crossover ini sudah memiliki SRS Airbags System untuk penumpang depan dan seat belt di seluruh kursi. Untuk fitur keselamatan aktif, Juke dibekali fitur cukup lengkap antara lain sistem pengereman ABS dengan EBD (Electronic Brake-pressure Distribution) dan BA (Brake Assist) akan memberikan daya pengereman dengan optimum.

Untuk kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan parkir, Nissan Juke ini juga dilengkapi dengan Rear Parking Sensor dan Rear View Camera. Sementara untuk fitur keamanannya, Juke memiliki Immobilizer dan Alarm with Shock Sensor dan Keyless Remote.

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Juke

Nissan Juke sangat cocok untuk anak muda sampai dengan orang dewasa karena desainnya yang begitu nyentrik, unik, futuristik, mewah dan sporty. Selain itu kenyamanan yang maksimal juga layak dijadikan pertimbangan untuk anda yang sedang mencari mobil untuk mendukung aktivitas sehari-hari di perkotaan. Keuntungan memakai Nissan Juke yaitu punya ground clearance tinggi, sehingga tidak perlu cemas saat menghadapi genangan ketika musim hujan.

Nissan Juke adalah pionir di kelasnya dan selalu dijadikan benchmark oleh sejumlah pabrikan jika mereka ingin membuat pesaing yang setara dengan Juke. Namun kini, Juke tinggal kenangan karena kalah pamor dengan crossover jagoan dari Honda yaitu HR-V yang punya desain lebih macho dan kekinian.