June 12, 2021

Panduan Beli Mobil Bekas : Nissan Grand Livina 2012

Tips kali ini Autos.id akan membagikan panduan membeli mobil bekas Nissan Grand Livina 2012. Bagi Anda yang sedang mencari MPV berharga terjangkau tapi tetap trendy.

Jakarta, Autos.id – Mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) memang masih menjadi pilihan bagi konsumen di Indonesia. Karenanya tak heran ada banyak tawaran mobil jenis MPV yang disodorkan oleh para produsen kendaraan bermotor.

Jika Kawan Autos tengah mencari mobil bekas MPV dengan dana di bawah Rp 200 juta, maka pilihannya pun tak kalah beragam. Paling tenar tentu Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia. Namun jika ingin satu model dengan penampilan yang lebih trendy dna modern, kami sarankan lirik Nissan Grand Livina 2012.

> “Nissan Grand Livina 2012 merupakan facelift dari Livina yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2007. Ada beberapa perubahan baik di eksterior maupun interior”

Nissan Grand Livina 2012 merupakan facelift dari Livina yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2007. Ada beberapa perubahan baik di eksterior maupun inside yang membuat MPV Nissan ini terlihat lebih fashionable dan modern dibanding MPV lain yang sekelas.

Tipe

Hadir dengan sebutan New Nissan Grand Livina, model facelift tersebut ditawarkan dalam lima trim varian. Yakni tipe S, tipe SV, tipe XV, tipe Ultimate, dan tipe Highway Star Autech. Pilihan transmisinya ada dua, yakni manual dan otomatis. Sedangkan kapasitas silinder mesinnya juga ada dua pilihan yakni 1.500 cc dan 1.800 cc.

Dibandingkan Livina produksi di bawah 2012, mannequin ini sudah memiliki beberapa perubahan desain eksterior. Sebut saja bentuk grill yang berubah menjadi tiga bilah garis horizontal berfinishing krom. Kemudian bentuk bumper depan juga sedikit berubah, lalu desain foglamp juga lebih manis daripada Livina generasi pertama. Hal berubah lainnya ada pada desain pelek, stop lamp, spoiler belakang, dan juga bumper belakang.

Pada bagian interior, meskipun secara garis besar masih sama dengan Livina sebelumnya, tetapi Nissan telah menambah beberapa aksen baru. Aksen ini dihadirkan dalam bentuk lis silver pada setir, kisi-kisi AC dan instrument cluster. Selain itu panel instrumen ini juga pakai warna dasar putih yang membuatnya mudha terbaca meski dalam kondisi gelap.

Khusus untuk Nissan Grand Livina 2012 tipe Highway Star Autech ada tambahan bodykit pada bumper depan dan belakang serta sideskirt. Kemudian pada bagain inside ada juga tambahan roof monitor sebagai sarana hiburan bagi penumpang belakang. Kemudian tipe teratas ini juga sudah dilengkapi Dual SRS Airbags, rem ABS (Antilock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution, dan BA (Brake Assist).

Perhatikan Mesin

Nissan Grand Livina sudah dibekali catalytic converter yang membuatnya bisa mengkonsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) jenis Premium. Ada baiknya cek kondisi catalytic converter ini apakah tersumbat atau tidak. Jika tersumbat maka mesin cenderung bunyi ngelitik. Jika sudah demikian, sebaiknya perhitungkan dana untuk biaya mengganti half dan kami sarankan setelah mengganti bagian tersebut gunakan BBM dengan RON di atas ninety.

Cek Kaki-Kaki

Penyakit Nissan Livina lainnya ada pada sistem suspensi dari mobil ini. Periksa bushing kaki-kaki di mobil. Jika ditemukan ada yang getas atau pecah sebaiknya pikirkan biaya untuk perbaikannya. Karena kalau sudah getas atau retak bisa menimbulkan bunyi-bunyian saat melintasi jalan rusak. Berikutnya periksa apa ada kebocoran oli pada sokbreker. Jangan sungkan untuk meminta test drive. Rasanya juga bantingannya saat melewati jalan rusak. Dengarkan apa ada bunyi aneh yang muncul ketika melintasinya.

Harga

Berdasarkan penelusuran di situs bursa mobil bekas, Nissan Grand Livina 2012 tipe S transmisi manual ditawarkan dengan harga Rp a hundred and fifteen juta hingga Rp 118 juta. Kemudian untuk tipe SV transmisi guide harganya ada di kisaran Rp 117 juta sampai Rp 119 juta. Tipe SV matik Rp one hundred fifteen juta – Rp a hundred and twenty juta. Tipe XV manual Rp a hundred and twenty juta – Rp a hundred thirty jutaan tergantung kondisi. Untuk tipe XV matik terpaut sekitar Rp 2 jutaan lebih mahal dari XV manual. Tipe Ultimate manual Rp 118 juta – Rp a hundred twenty five juta. Sedangkan tipe Ultyimate transmisi otomatis harganya di kisaran Rp a hundred and twenty juta – Rp one hundred twenty five jutaan. Tipe 1.5 Highway Star Autech manual Rp a hundred and twenty juta – Rp one hundred thirty juta, sementara varian yang bertransmisi otomatis Rp 130 – Rp a hundred thirty five jutaan. Tipe 1.eight Higway Star Autech Rp 135 juta – Rp one hundred fifty five juta.

Comments