June 12, 2021

Panduan Membeli Honda Freed Bekas

Honda Freed menjadi MPV kelas menengah pertama di Indonesia yang mengenalkan pintu geser dan memiliki ruang yang cukup lega untuk sebuah MPV ukuran menengah. Pasar Indonesia pun memberikan respon yang cukup baik pada mannequin ini. Freed dikenalkan dalam tiga pilihan trim ini yakni A (Alpha) sebagai trim terendahnya, S dan E (PSD/Power Sliding Doors)) sebagai trim tertingginya.

Walau sudah ‘tutup usia’ sejak 2016 silam, namun harga jualnya masih relatif stabil. Bahkan MPV satu ini termasuk jajaran mobil bekas yang paling tidak rewel sehingga layak untuk dimiliki.

Freed mengaspal di Indonesia pada Maret 2009 dan menjadikan Indonesia sebagai negara kedua yang menjadi tempat peluncuran setelah Jepang. Mesin yang digunakan adalah L15A 1.500 cc yang juga dipakai pada Honda Jazz, hanya saja Freed lebih berat sekitar 200 kg dari Jazz.

Versi Indonesia menggunakan jenis transmisi matik konvensional, sedangkan Jepang dengan CVT. Selain itu versi Indonesia punya ground clearance 20 mm lebih tinggi. Selebihnya spesifikasinya sama.

Freed memiliki dimensi panjang four.215 mm, lebar 1.seven hundred mm dan tinggi 1.740 mm, sedangkan jarak sumbu roda 2.740 mm.

Mobil yang dibangun se-platform dengan Honda Jazz ini rampung kiprahnya pada 2015 setelah mengalami penurunan penjualan secara signifikan.

Histori Honda Freed di Indonesia Honda Freed diluncurkan di Indonesia Facelift dengan grill nuansa krom yang lebih kental. Penambahan armrest di bangku tengah, jok pengemudi ditambah seat top adjustment, penambahan eco lamp pada meter cluster dasbor. Penambahan AC double blower untuk tipe E dan penggunaan warna inside hitam, Power Sliding Door pintu sebelah kiri untuk tipe S Facelift pada grill dan tipe S dilengkapi dengan foglamp, redesign lampu belakang dan panambahan kamera parkir. Spion menjadi retractable dan sein di spion. Varian E mendapatkan anti pinch function pada sliding door dan double din audio monitor baru dengan koneksitas iPod dan iPhone. Honda Prospect Motor (HPM) menghentikan penjualan Honda Freed di Indonesia.

Check List

Service Record

Servis report menjadi jendela utama untuk mengetahui riwayat Freed. “Dari data riwayat kita dapat memantau kondisi mobil terlebih pada 3 tahun pertama,” terang Rusdi Riyanto, Customer Advisor Honda Mugen Puri, Jakarta Barat.

Pintu geser

Keheningan kabin Freed akan sedikit terganggu dengan suara pintu berisik dari pintu slinding saat melewati jalanan jelek. Hal ini dikarenakan sistem engsel Honda Freed terletak di bagian atas dan bawah.

Material inside

Material plastik pada dasbor dan beberapa bagian inside menggunakan bahan plastik yang kurang nyaman saat disentuh.

AC

Sebelum 2013, semua varian Freed hanya mengandalkan kisi-kisi AC single blower.

Kelebihan:
– Desain Unik

– Suspensi cukup empuk

– Dasbor unik dan fungsional

– Ada captain Seat di baris kedua

– Dimensi kompak dan praktis

– Visibilitas baik ke semua arah

– Fitur keselamatan lengkap

– Terlihat mewah

Kekurangan:
– Tidak responsif, tarikan berat

– Body roll sangat terasa

– Konsumsi BBM cukup boros untuk 1.500 cc

– Material interior terkesan murahan

– Legroom baris ketiga kurang luas

– Pelipatan jok baris ketiga ribet dan berat

– Tidak ada versi manual

Hal yang perlu diwaspadai

Girboks

Pastikan girboks 5 velocity dalam kondisi baik. Menurut beberapa sumber, salah satu kelemahan Freed ada pada girboksnya. Biasanya kerusakan pada girboks dikarenakan oleh umur pemakaian.

Power Sliding Doors

Fitur kenyamanan Power Sliding Door (PSD) wajib diwaspadai kondisinya. Kerusakan pada bagian ini kebanyakan terjadi pada bagian penggerak elektriknya. Pastikan bahwa pintu dapat dibuka dan ditutup dengan sempurna.

Harga Honda Freed Harga Honda Freed A : Rp 95 jutaan s/d a hundred twenty five jutaan

Harga Honda Freed S : Rp a hundred and five jutaan s/d a hundred and forty jutaan

Harga Honda Freed E : Rp 115 jutaan s/d 150 jutaan

Harga Honda Freed Harga Honda Freed A : Rp 130 jutaan s/d one hundred fifty jutaan

Harga Honda Freed S : Rp 140 jutaan s/d 210 jutaan

Harga Honda Freed E : Rp one hundred sixty jutaan s/d 230 jutaan

Harga sparepart fast paced

Filter udara Rp 135.000

Filter Oli Rp 37.000

Filter bensin Rp 870.000

Filter AC Rp 163.000

Tie rod Rp 298.000

Long tie rod Rp 380.000

Bearing roda depan Rp 566.000/pc

Bearing roda belakangRp 1.423.000/computer

Sokbreker F/R Rp 1.513.000/laptop / 737.000/computer

Busi/set Rp 90.000/laptop

Kampas rem depan Rp 1.011.000/set

Kampas rem belakang Rp 117.000/set x 4

Keterangan : Harga belum termasuk PPn 10%