June 12, 2021

Peluang Livina Rasa Xpander Di Pasar Mobil Bekas

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah cukup lama berpuasa, akhirnya Nissan meluncurkan generasi baru dari All New Nissan Livina. Menggunakan basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander, Livina akan menambah peta persaingan MPV sejuta umat di Indonesia.

Kehadiran Livina baru ini pun mendapat sambutan baik dari para pebisnis mobil bekas (mobkas), salah satunya seperti Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih. Menurut Herjanto, Livina berpotensi untuk menjadi rival berat Xpander di pasar mobil bekas.

“Kalau mau dilihat dari momen sebenarnya Nissan ini sangat telat sekali, mungkin kalau di pasar mobil baru sedikit kehilangan momen karena tertinggal cukup jauh. Secara potensi, kalau sudah ada sekennya, Livina bisa jadi rival buat Xpander sendiri, karena desain tapi harga pasti akan bersaing,” kata Herjanto kepada Kompas.com, Kamis (22/2/2019).

Baca juga: Daftar Harga Mobil Sejuta Umat Saingan Livina Terbaru

Dari harga bekasnya, Herjanto mengaku belum bisa memprediksikan berapa nominalnya nanti. Namun bila melihat dari spesifikasi Livina yang downgrade dari versi sebelumnya, bisa jadi generasi baru akan berada di bawah harga bekas dari Xpander atau Mobilio.

Seperti diketahui, Nissan memangkas beberapa fitur terbaik yang dulu dimiliki Livina generasi lawas. Mulai dari cruise management sampai transmisi constantly variable transmission alias CVT.

“Susah diprediksi, tapi kalau lihat spek mungkin bisa di bawah Xpander, atau Mobilio yang sudah CVT. Tapi itu kan relatif tergantung kondisi juga dan selera konsumen. Mungkin kalau masih pakai CVT harga bekasnya bisa menarik,” ucap Herjanto.

Baca juga: Takut Kemahalan, Livina 2019 Sunat Fitur Cruise Control

Kondisi tersebut juga diutarakan oleh Ridwan pemilik showroom mobkas Cemerlang, di Jakarta Timur. Walau Nissan sangat telah meluncurkan Livina, namun nantinya akan sangat menggairahkan pasar mobil bekas.

“Kalau sudah ada bekasnya bisa bikin pasar mobil bekas banyak pilihan. Sekarang ini orang banyak buru Xpander seken, tapi kalau sudah ada Livina mungkin akan bergeser atau ada persaingan juga. Seperti dulu saat Avanza dengan Mobilio saja,” ucap Ridwan.