June 12, 2021

Persamaan Dasar Akuntansi: Penjelasan Dan Contohnya

Seringkali pebisnis merasa belum diperlukan untuk mengetahui akuntansi secara lengkap. Namun ini merupakan hal yang penting dalam bisnis Anda. Umumnya Anda mengerti tentang persamaan dasar akuntansi dimana diperlukan oleh sebuah perusahaan dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan yang biasa disebut dengan pembukuan.

> Dalam akuntansi dikenal istilah persamaan akuntansi yang mencerminkan kekayaan, hutang, dan modal yang dimiliki perusahaan.

Lazimnya pebisnis memulai mengatur keuangan bisnis dengan melakukan pembukuan yang sederhana. Pembukuan tersebut dapat dengan mudah dilakukan berdasarkan konsep dasar persamaan akuntansi. Dengan menggunakan konsep tersebut, dengan begitu dapat mengetahui pengaruh transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Lengkap dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Prinsip Persamaan Dasar Akuntansi
Untuk menggunakan persamaan dasar akuntansi, Anda perlu beregang dengan prinsip keseimbangan antara harta dengan kewajiban. Oleh karena itu, segala transaksi yang terjadi akan dianalisa dalam persamaan dasar akuntansi.

Dalam akuntansi mengenal debit dan kredit di setiap transaksi yang terjadi. Maka pengenalan akan hal ini perlu dikuasai agar prinsip keseimbangan dapat terealisasikan.

Kekayaan atau aktiva adalah property atau bisa disebut juga dengan harta yang dimiliki perusahaan, dan hak atas harta tersebut disebut hak atas kekayaan (equality).

Hubungan antara harta dengan hak atas kekayaan dapat dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut:

Harta (belongings) = Hak atas kekayaan (equality)

Secara teori, hak atas kekayaan terbagi menjadi dua berdasarkan asal usulnya yaitu hak yang berasal dari kreditur dan hak yang berasal dari pemilik perusahaan. Hak dari kreditur atas kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan merupakan hutang perusahaan, sedangkan hak dari pemilik perusahaan itu sendiri disebut sebagai modal.

Persamaan akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut:

Harta = Utang + Modal atau Modal = Harta – Utang

Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Persamaan Akuntansi
Suatu transaksi keuangan yang terjadi pada sebuah perusahaan sangat berpengaruh terhadap persamaan akuntansi.

Beberapa kemungkinan pengaruh tersebut antara lain:

1. Mempengaruhi salah satu, beberapa atau keseluruhan dari harta, hutang, dan modal.

2. Penambahan atau pengurangan aktiva yang mungkin timbul diimbangi dengan penambahan atau pengurangan terhadap pasiva (berupa hutang dan modal).

three. Pendapatan akan selalu menambah modal dan beban akan selalu mengurangi modal.

Setelah mengetahui pengaruhnya, mungkin Anda tertarik untuk membaca artikel tentang bagaimana perbedaan akuntansi dagang dan jasa.

Contoh Persamaan Dasar Akuntansi
Pada tanggal 1 Januari 2020, perusahaan yang bergerak bidang servis sepeda motor dengan nama Servis Sepeda Motor Mentereng melakukan beberapa transaksi sebagai berikut:

a. Investasi untuk modal pertama pada perusahaan Servis Sepeda Motor Mentereng berupa uang tunai sebesar Rp10.000.000,00 dan Peralatan kantor sebesar Rp500.000,00.

b. Membayar sewa atas ruangan usaha bengkel sebesar Rp600.000,00 untuk 1 bulan.

c. Membeli perlengkapan bengkel secara kredit seharga Rp400.000,00 dan peralatan bengkel seharga Rp1.000.000,00.

d. Memperoleh pendapatan atas jasa yang telah diberikan selama 1 minggu sebesar Rp 1.600.000,00.

e. Membayar tagihan listrik dan air untuk bulan Januari 2020 sebesar Rp200.000,00.

customized-kind-newsletter

f. Mendapatkan jasa servis langganan sebesar Rp750.000,00.

g. Membayar sebagian hutang atas pembelian perlengkapan sebesar Rp250.000,00. Menerima pelunasan piutang atas transaksi seorang konsumen sebesar Rp500.000,00.

h. Pemilik mengambil uang tunai untuk digunakan secara pribadi sebesar Rp100.000,00.

i. Dibayar gaji karyawan bengkel untuk bulan Januari 2020 sebesar Rp3.000.000,00

j. Membayar rekening telepon sebesar Rp75.000,00.

k. Pada akhir bulan Januari 2020 perlengkapan yang masih ada bernilai Rp250.000,00 dan peralatan bengkel disusutkan sebesar Rp50.000,00.

l. Mendapatkan jasa servis sebesar Rp1.500.000,00

Berdasarkan knowledge transaksi dalam persamaan akuntansi di atas, maka dapat disusun persamaan dasar akuntansi pada tabel sebagai berikut:

Itulah penjelasan dan contoh persamaan akuntansi yang bisa Anda lakukan untuk perhitungan dasar akuntansi perusahaan Anda. Untuk melakukan perhitungan modal usaha, piutang, hutang, dan aktiva secara handbook membutuhkan ketelitian dan waktu yang cukup lama. Namun, saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi sehingga perhitungan dan pengelolaan information dapat Anda lakukan dengan mudah.

Untuk mendapatkan perhitungan yang lebih akurat, cepat dan realtime Anda dapat menggunakan Harmony. Software akuntansi yang dapat digunakan dengan mudah walau Anda tidak mempunyai background akuntansi sekalipun untuk mengelola pembukuan perusahaan Anda.

Penasaran seperti apa mudahnya menggunakan Harmony, Anda dapat mencoba GRATIS 30 Hari dengan klik banner coba free of charge dibawah ini atau mendaftar dengan klik disini.

Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk